Cara Menghapus Virus Komputer atau Laptop 100% Berhasil Terbaru 2018

doflatenaft.blogspot.com
Virus komputer jaman sekarang ini banyak variannya, mulai dari yang tidak membahayakan, lumayan membahayakan dan sangat membahayakan. Paling parahnya lagi kalau virus tersebut menyerang komputer kita sampai-sampai komputer kita tidak bisa hidup dan virus tersebut berkembang biak dan membuat sarang itu sudah sangat menyebalkan dan mengganggu pekerjaan kita, apalagi sebagian besar pekerjaan dilakukan menggunakan komputer. Virus dapat masuk ke sistem komputer kita melewati beberapa jalur, diantaranya : 

1. Surfing/Searching di Internet Tanpa Adanya Perisai Antivirus/Firewall
Melakukan aktivitas menjelajahi internet tanpa adanya pengawasan dari sebuah antivirus maka ini adalah tindakan yang sangat berbahaya, karena asal muasal virus itu kebanyakan dari internet. Banyak orang jahat disana memasukkan dan menyelipkan virus ke internet untuk keperluan negatif. Sangat dianjurkan kalian memasang dan mengaktifkan sebuah antivirus yang kuat dan tidak abal-abal untuk melawan virus jahat di internet.

2. Virus dari Aplikasi di Internet
Waspadalah terhadap aplikasi yang free alias gratis yang mendownloadnya mudah, walaupun di jaman sekarang ini banyak yang gratisan tapi kalian harus bisa memilah dan memilih mana aplikasi yang berisi virus dan mana yang tidak, bisa dilihat dari ukuran file yang tidak sesuai dengan ukuran yang sudah diberi tahu sang developer, nama dari file tersebut (kebanyakan virus berisi/bernama angka), terunduh sendiri/muncul sendiri tanpa mengklik download, tidak ada syarat dan ketentuan dari aplikasi ketika menginstall, dll dan yang lebih bahayanya lagi terkadang ada aplikasi yang selalu tersisipi keylogger yang dimana ketika kalian mengetikkan sesuatu maka kata yang terketik di komputer kalian akan masuk juga ke komputer yang menyisipkan virus keylogger ini, kalau kalian mengetikan password id kalian bagaimana ?. Nah, untuk mengantisipasi ini kalian selain pandai memilah dan memilih file yang mana yang virus dan yang mana yang bukan, kalian juga bisa memasang antivirus untuk berjaga-jaga apabila ada malware yang terinstal di komputer kalian.

3. Virus Dibiarkan Berkembang dan Mengakar
Ketika komputer kalian terserang virus maka wajib kalian segera menghapus virus tersebut karena jika dibiarkan saja virus tersebut akan mengakar dan bertambah banyak dari sebelumnya, jangan sampai file penting kalian termakan oleh virus ini. Jika virus ini sudah mengakar akan sulit untuk menghapusnya dan terkadang ketika diformat juga virus ini tidak akan hilang.

4. Virus Iklan (Pop-up ads)
Seringkan kalian melihat iklan yang melayang-layang di sebuah website/blog ? nah ini juga harus kalian waspadai, jangan mengklik iklan sembarang atau komputer kalian akan terjangkit virus yang akan sulit untuk diberantas. Terjadang juga ketika kalian mengklik sebuah iklan maka akan muncul mendownload sebuah aplikasi yang dimana itu adalah virus, jadi kalau kalian mengklik iklan (banyak juga sekarang blog/web yang memasang iklan fake download, ketika kalian mengklik iklan tersebut maka kalian akan mendownload sebuah virus).

5. Transfer Data yang Sudah Terinfeksi Virus
Biasanya ini dilakukan oleh sebagian besar orang dan khususnya bagi para siswa sekolah yang sering berbagi file seperti soft file suatu materi, tugas dari guru, latihan-latihan dan lain sebagainya. Apabila suatu file sudah terjangkit virus dan tidak segera di quarantine maka virus tersebut akan menjamur ke komputer lainnya yang sudah mengcopy file yang terinfeksi virus tersebut. File yang terinfeksi ini berasal dari beberapa indikator lainnya yang bisa dilihat di postingan ini.

Dan masih banyak lagi cara virus memasuki komputer kita jadi kita harus waspada dan hati-hati terhadap segala virus-virus di internet. Lalu bagaimana jika komputer kita sudah terjangkit virus tersebut ? bahkan virusnya susah untuk diberantas dan mengakar ? Nah berikut saya berikan tutorialnya yang sudah saya coba praktekan sendiri yang ketika itu komputer saya setiap kali di scan virus selalu berada di atas angka 320. Wow banyak juga ya ? tapi ketika saya scan dan hapus virus tersebut tetap tidak bisa hilang juga, udah 320 ekor virus ngakar lagi, derita banget nih ya :'( bagi yang mau mencoba tips dan triknya silahkan cekidot di bawa.

Cara Menghapus Virus Komputer atau Laptop 100% Berhasil Terbaru 2018
1. Buka safe mode di komputer/laptop kalian dengan cara tekan F8 ketika awal menghidupkan, tekan terus sampai muncul beberapa pilihan,
2. Di dalam safe mode ini virus tidak akan berkutik, setelah loading windows, Buka antivirus kalian yang kira-kiranya efektif untuk membunuh virus, saya sarankan untuk menggunakan antivirus 360 Total Security atau Panda Antivirus karena memiliki memory yang efisien dan juga good quality. Kemudian lakukan Full Scan menggunakan antivirus tersebut. Disini saya menggunakan antivirus 360 Total Security sebagai contoh.
3. Tunggulah sampai proses scan berakhir, jika sudah selesai klik Resolve yang berada di pojok kanan atas layar antivirus kemudian tunggu lagi sampai proses selesai. Proses scan dan resolve ini lumayan lama jika file kalian yang berada di dalam hardisknya banyak.

4. Setelah selesai resolve tekan complete, kemudian keluar dari antivirus lalu restart komputer kalian. SELESAI !

Cara itu sudah saya coba dan 100% berhasil, ketika di scan kembali yang tadinya tidak pernah berkurang walaupun sudah di quarantine dan didelete beberapa kali tetap ada namun menghilang ketika menggunakan tips dan trick ini. Demikianlah postingan saya kali ini dan semoga bermanfaat untuk kita semua saya pamit undur diri sampai jumpa di postingan selanjutnya :D

NB : Kalau kalian tidak bisa masuk safe mode, akan lebih baik lakukan install ulang atau repair windows terlebih dahulu.

Share this :

Previous
Next Post »