Final Fantasy 7 Disc 3 Walktrough Bahasa Indonesia

google.com

Kembali bertemu dengan saya di blog Doflatenaft ini lagi :D kali ini saya akan membahas mengenai game favorit saya ketika kecil, yaitu Final Fantasy 7. Game ini merupakan game yang ada di PS1 namun kalian bisa memainkan game ini di pc ataupun android dengan mendownload emulatornya telebih dahulu, kalian bisa mendownload emulatornya disini dan untuk gamenya kalian bisa mendownloadnya disini. Langsung saja kalau kalian sudah mendownload emulator dan gamenya lihat walktrough atau jalan cerita dari game Final Fantasy 7 ini, cekidot...

<< Final Fantasy 7 Disc 1 Walktrough
<< Final Fantasy 7 Disc 2 Walktrough

NORTHERN CRATER
Dungeon terakhir dan perjalanannya teramat sangat panjang! Jangan lupa mengambil Save Crystal dan gunakan dengan bijaksana karena item ini hanya ada SATU ! Persiapkan juga Exit Materia untuk kabur dari musuh Gargoyle. Bukan apa-apa, musuh ini menjengkelkan dengan L4 Death yang dikerahkan jika dia hendak tewas. Biasanya sih miss, tapi tidak jarang juga mengenai semua karakter yang berarti instant game over. Kalau mau, tinggalkan Northern Crater dan lakukan kegiatan lain di luar. Kamu bisa pergi ke Ancient Forest dengan menggunakan Green, Black atau Gold Chocobo atau setelah mengalahkan Ultima Weapon. Akan lebih baik jika kamu memiliki senjata terkuat para karakter. Di bawah ini adalah cara mendapatkannya dan Limit Manual Lv4.

Info :
- = Weapon
+ = Limit

 Cloud Strife
 - Ultima Weapon : Kalahkan Ultima Weapon saat dia berhenti di dekat Cosmo Canyon Makin tinggi HP Cloud, makin besar serangannya.
 + Omni Slash : Tukarkan dengan 32.000 BP di Battle Square Gold Saucer.

 Tifa Lockhart
 - Premium Heart : Di Wall Market, toko yang tertulis "ITEM" Makin sering slot "MISS", makin kuat daya serangnya.
 + Final Heaven : Bawa Tifa kemudian mainkan piano di kamar Tifa, Nibelhiem. X,S,T,L1+T,L1+S,X,S,T,L1+X,O,X,S,X. Lalu SELECT.

 Barret
 - Missing Score : Di Midgar, saat hendak melawan Hojo. Barret wajib dibawa. Makin banyak materia berlevel tinggi yang dipasang, makin tinggi serangannya.
 + Catastrophe : Corel, bicara dengan perempuan bertopi di salah satu rumah.

 Red XIII
 - Limited Moon : Bicara dengan Bugenhaagen di Disc 3 Makin besar MP Red, makin besar daya serangnya.
 + Cosmo Memory : Kalahkan Odd Number di Shinra Mansion.

 Vincent
 - Death Penalty : Kamu harus bertemu dengan Lucretia di Disc 2 lalu kembali di Disc 3 Makin banyak musuh yang dibantai Vincent, makin kuat daya serangnya.
 + Chaos : Sama dengan di atas.

 Cid
 - Venus Gospel : Bicara dengan kakek tua di Rocket Town, kakek yang memberikan Yoshiyuki sebelumnya sama seperti Red.
 + Highwind : Di kapal Gelnika yang tenggelam.

 Yuffie
 - Conformer : Di kapal Gelnika yang tenggelam à Makin tinggi level musuh dibandingkan Yuffie, makin tinggi serangannya.
 + All Creation : Kalahkan Godo di Wu Tai.

 Cait Sith
 - HP Shout : Shinra HQ lantai 64, saat menyerang Midgarà sama seperti Cloud.

Jika ingin melakukan sub quest, silahkan kembali ke kapal dan masuk ke ruang komandan cid,

Sub-Quest - Final Heaven dan Zack's Memory
Pergilah ke Nibelheim. Mainkan lagu tema Highwind di piano Tifa, nadanya adalah do re mi ti la do re mi so fa do re do. Maka Tifa akan mendapat pesan dari Zangan dan limit lv 4 - Final Heaven. Setelah itu, turunlah ke basement Nibel Mansion untuk melihat event kenangan pelarian Cloud dan Zack. Di perpustakaan, kalian bisa membaca laporan tentang pelarian tersebut.

Sub-Quest – Catastrophe 
Bawa Barret dan pergi ke North Corel, seorang wanita di rumah sebelah kiri akan memberimu Catastrophe, limit level 4 Barret.

Chocobo Breeding
Sewalah stable dari Choco Bill, sewa beberapa stable sebab kalian harus membiakkan chocobo. Setelah itu pasang materia chocobo lure, kalian harus menangkap chocobo dengan kualitas great (meski kualitas good juga bisa dipakai, namun lebih baik tangkap chocobo dengan kualitas great saja). Pergi ke jejak chocobo di Rocket Launch Pad Area (tanjung di utara Rocket Town), berjalan bolak balik dan tangkap chocobo. Lalu turun dari chocobo itu dan pilih send the chocobo back to stable. Setelah menangkap beberapa Chocobo, kembali ke Chocobo Farm. Bicaralah dengan Choco Billy dan pilih moving the chocobo untuk memindahkannya ke stable. Jika yang ditangkap adalah Great Chocobo (chocobo yang nampak berlari), masukkan ke kandang, jika tidak lepaskan saja. Dapatkan seekor Chocobo jantan(male) dan seekor chocobo betina(female).
 
Tingkatkan speed, stamina dan intelegencenya dengan memberi makan greens sampai tak bisa ditingkatkan lagi (greens terbaik adalah sylkis greens yang bisa dibeli dari Chocobo Sage di utara Bone Village). Setelah kemampuan mereka ditingkatkan, pergi ke Gold Saucer dan ikutkan kedua Chocobo itu dalam Chocobo racing dengan bicara pada Ester di arena (Note : jika kalian membawa Tifa atau Cid, kadang mereka akan jadi jokinya). Tingkatkan kelas mereka sampai kelas S (kalian tak perlu memenangkan kelas ini).

Berikutnya kalian harus mencari carob nut. Pergi ke area di dekat Bone Village dan berkeliling untuk melawan Vlakorados, curi carob nut darinya. Kalian harus mendapat setidaknya 3 carob nut. Kini kembali ke Chocobo Stable, bicara dengan Choco Billy dan pilih mating Chocobo untuk mengawinkan kedua chocobo tersebut, gunakan carob nut. Kalian mungkin mendapat green atau blue chocobo sebagai hasilnya. Tunggu beberapa lama sebelum mengawinkan kembali kedua chocobo induk tadi, gunakan carob nut lagi, usahakan kali ini mendapat chocobo dengan warna dan jenis kelamin berbeda. Jadi misal jika anak pertama adalah green chocobo male, maka anak kedua harus blue chocobo female, begitupun sebaliknya. Save sebelum mengawinkan chocobo, dan jika hasilnya tak sesuai keinginan, load dan coba lagi.

Tingkatkan lagi kedua anak chocobo tadi sampai maksimum, lalu ikutkan dalam chocobo racing sampai mencapai kelas S. Kawinkan keduanya dengan carob nut, maka anak yang dihasilkan adalah black chocobo. Kini kalian harus mencari wonderful chocobo, carilah di jejak chocobo di Icicle area (dekat Icicle Inn). Usahakan Wonderful chocobo tersebut berjenis kelamin berbeda dengan black chocobomu.

Pergi ke Goblin Island, dan cari musuh Goblin. Curi zeio nut dari mereka. Setelah meningkatkan kemampuan black dan wonderful chocobomu, ikutkan keduanya dalam chocobo racing sampai mencapai kelas S. Lalu kawinkan keduanya, gunakan Zeio nut. Maka kalian akan mendapat Gold Chocobo. Cara lain untuk mendapatkan gold chocobo adalah dengan mengalahkan  Ruby Weapon dan menukarkan desert rose pada Kalm Traveller.(ada di sebuah rumah di lantai 2)

Add - Chocobo Sage 
Ia tinggal di sebuah pondok di area utara Icicle. Bicaralah padanya, kalian bisa mendapat informasi tentang cara mendpatkan jenis-jenis Chocobo lain (green, blue, black dan gold chocobo) padanya, juga membeli green- green yang lebih baik. Setelah mendapat informasi (kalian harus mengunjunginya berkali-kali), bicaralah dengan Chole di Chocobo Farm, ia akan mencatat semua petunjuk dari Chocobo Sage tadi. Di tempat Chocobo Sage juga ada seekor green chocobo, bicaralah padanya untuk mendapat materia enemy skill.

Add - Chocobo Racing 
Biasanya untuk memenangkan Chocobo racing di kelas selain kelas S cukup mudah. Namun untuk memenangkan kelas S dengan chocobo selain Black dan Gold Chocobo sangatlah sulit. Untuk itu, gunakan Black atau Gold Chocobo saja untuk memenangkan kelas S. Cukup ubah kontrol ke manual dan saat lomba tahan R1+R1+kotak. Tekan lingkaran hanya untuk melakukan dash menjelang finish. Untuk short race, menjelang garis finish ada area berangin kencang, chochobo selain green, black dan gold chocobo akan terhambat di sini. Untuk long race, juga ada area air yang akan menghambat chocobo selain blue, black dan gold chocobo. Rival terberatmu dalam lomba hanyalah Johnny dengan chocobo TEIOH. Jika bisa memenangkan kelas S 10 kali, kalian akan mendapat macam-macam hadiah. Jika Chocobomu tak terlalu cepat, cara untuk mengalahkan TEIOH adalah dengan selalu berada di depannya sampai beberapa saat menjelang garis finish, baru lakukan dash.

Sub Quest - Rare Materia Hunting 
Dengan chocobomu, kalian bisa mencapai tempat-tempat yang tak bisa dicapai dengan Highwind. Kalian bisa membawa chocobo dengan Highwind, caranya bicaralah dengan Choco Billy dan pilih Riding a chocobo, lalu bawa chocobo itu mendekati Highwind dan tekan X. Saat turun kalian otomatis akan menunggang Chocobo tadi.
 1. Pergi ke Mideel, lalu gunakan blue/black/gold chocobo untuk mencapai sebuah gua di timur laut. Di dalam kalian bisa mendapat materia quadra magic.
 2. Pergi ke Wutai Area, lalu gunakan green/black/gold chocobo untuk mencapai gua di tenggara Wutai. Di dalam kalian bisa mendapat materia Mime.
 3. Pergi ke Corel Area dan gunakan black/gold chocobo untuk memasuki gua di utara, di dalam kalian bisa mendapat materia HP<->MP.
 4. Gunakan Gold Chocobo untuk mencapai Round Island, pulau di timur lalut peta. Di dalam kalian akan mendapat summon materia Knight Of The Round (KoTR)

Sub Quest - Chaos dan Death Pinalty 
Gunakan green/black/gold chocobo untuk mencapai sebuah gua di balik air terjun di dekat Gold Saucer. Jangan lupa untuk memasukkan Vincent dalam tim. Di dalam kalian akan bertemu Lucresia, wanita yang melahirkan Sephiroth. Nanti temui lagi ia untuk mendapat limit lv 4 - Chaos dan Death Pinalty untuk Vincent. Tempat ini juga bisa dicapai dengan kapal selam.

Sub Quest - Back to Midgar 
Pergilah ke Midgar, dan bicara dengan seorang pria, ia mengatakan bahwa ia talah menjatuhkan kuncinya saat mengungsi. Pergi ke Bone Village dan minta padanya untuk mencari'normal treasure'. Gali berkali-kali sampai kalian mendapat 'key to sector 5'. Aku sendiri mendapat item itu di area sebelah atas, paling kiri (dekat api unggun). Setelah mendapat kunci itu, kalian bisa memasuki Midgar. Hal utama yang bisa kalian lakukan adalah kembali ke Wall market. Bawa Cid dan Tifa, periksa mesin penjual dengan senapan otomatis di bagian atas, Tifa akan mendapat Premium Heart. Juga, pergilah ke toko dimana kalian membeli battery dulu, dan bicara dengan pemiliknya untuk membeli sneak glove seharga 129000 gil.

Sub Quest - Ancient Forest 
Gunakan green/black/gold chocobo atau setelah mengalahkan ultima weapon kalian bisa pergi tanpa chocobo dan pergi ke sebuah hutan di puncak  bukit di Cosmo Area. Ciri tempat ini berupa gundukan hijau kecil dengan warna sedikit berbeda di puncak bukit. Saat di dalam, kalian bisa kembali ke layar pertama dengan menekan tombol kotak.
 
Di area pertama, lemparkan kodok dan 2 serangga ke tanaman yang menggantung di sebelah kanan atas. Kalian bisa meloncat di atas tanaman yang telah kalian beri makanan tadi. Ambil Supershot ST di dekat tanaman karnivor (yang akan mengatup jika kalian terlalu dekat). Jalan ke kanan dan seberangi jurang dengan tanaman gantung(ungu), jangan lupa ambil spring gun clip.
 
Di area berikut, tangkap seekor serangga. Naik ke atas dengan tanaman gantung, lempar serangga ke mulut gua, seekor kodok akan keluar. Tangkap kodok itu dan lempar ke tanaman di sebelah kanan. Loncat ke kanan, dan tangkap seekor kodok. Pergi ke area berwarna hijau-kuning di kanan atas, lempar kodok ke tanaman sebelah kiri. Naik ke atas tanaman tersebut dan tunggu tanaman tadi melemparkanmu ke kiri. Ambil sebuah sarang tawon dan lemparkan ke tanaman karnivor di kiri, ambil materia slash all di dekatnya. Tangkap lagi kodok tadi dan lempar ke tanaman sebelah kanan, tunggu ia melemparmu ke kanan dan pergi ke layar berikutnya. Berikutnya tangkap 2 serangga dan lempar ke 2 tanaman untuk mencapai tanaman gantung yang akan membawamu ke atas pohon. Turun ke kiri bawah, ambil minerva band dan turun ke bawah. Ulangi langkah untuk kembali ke atas pohon. Kini jalan ke kiri atas, lalu ke kanan sampai tiba di cabang yang patah. Gunakan tanaman gantung untuk meloncat ke sebelah kanan, dan ambil summon materia Typhoon. Loncat kembali ke kiri dan kali ini turun lewat jalan di dekat cabang yang patah tadi.
 
Turun ke bawah, ambil seekor serangga dan lempar ke tanaman sebelah kanan. Naiki tanaman itu, lalu ke kiri atas dan ambil sarang tawon di sana. Turun dan lemparkan sarang tawon tadi ke tanaman karnivor, setelah tanaman itu mengatup tangkap serangga lain, lewati tanaman karnivor tadi dan lempar ke sebuah tanaman di kiri. Jalan ke kiri, tangkap seekor serangga dan lepaskan di depan lubang di pohon. Tangkap kodok yang keluar, dan lempar ke  tanaman sebelah kanan. Tunggu hingga ia melemparmu ke sebelah kanan. Kini masuki gua, ambil Apocalypse sword dan elixir, lalu keluar dari gua.

Sub-Quest - Ultimate Weapon 
Gunakan Highwind dan tabrak Ultimate Weapon yang melayang di atas danau dekat Junon. Lawan ia, gunakan summon KOTR agar ia langsung menuju Cosmo Area . ketika sampai di area cosmo Lawan lagi ia, hati-hati karena ia akan menggunakan Shadow Flare pada karakter yang menyerangnya terakhir kali sebelum mati. Setelah mengalahkannya, Cloud akan mendapat Ultima Weapon, senjata terkuatnya.

Sub-Quest - Emerald Weapon 
Emerald adalah satu dari 2 musuh terkuat di game ini. Ia berenang di bawah laut, dan kadang berhenti di depan Shinra's Gelnika. Untuk melawannya, kalian harus menabraknya dengan kapal selam. Sebaiknya sebelumnya lengkapi diri kalian dengan materia underwater (tukarkan dengan guide book pada Kalm Traveller, pria di lantai 2 rumah paling kanan di Kalm). Jika bisa mengalahkannya, kalian akan mendapat Earth Harp. Tukarkan item ini pada Kalm Traveller lagi, ia akan menukarkannya dengan ketiga master materia. Berikut adalah cara mengalahkan Emerald Weapon : 
 -Untuk Cloud, lengkapi ia dengan Ultima Weapon dan equipment terkuat. Pasang materia counter dipasangi dengan KOTR, dan final attack dirangkai dengan Phoenix. Untuk sisa slot, pasang materia HP plus dan MP plus, magic plus serta beberapa materia counter attack.
 -Untuk karakter kedua, lengkapi ia dengaan ultimate weaponnya dan pelindung terbaikmu. Lengkapi ia dengan materia mime, enemy skill, materia underwater dan magic plus, juga materia HP plus dan MP plus. Kalau ada, lengkapi pula dengan materia counter attack.
 -Untuk karakter ketiga, juga lengkapi deengan ultimate weaponnya dan equipment terbaik. Pasang materia mime, magic plus, HP plus dan MP plus, serta beberapa materia counter attack.

Sebelum pertempuran, akan lebih baik jika salah satu karaktermu berada  dalam kondisi 'All Lucky Seven'.  Perintahkan Cloud untuk  menyerang dengan KOTR, dan mime oleh karakter lain. Jika Cloud diserang, ia akan membalas dengan serangan fisik dan summon KOTR. Dan jika Cloud mati, ia akan mensummon Phoenix. Satu hal yang harus kalian perhatikan adalah menjaga MP Cloud agar tidak habis. Dengan cara ini, dalam sekejab Emerald Weapon akan kalah.
 
Sub-Quest - Ruby Weapon 
Musuh terkuat dari yang terkuat, monster ini berada di padang pasir di sekitar Gold Saucer. hanya muncul jika ultima weapon sudah mati. Sebelum melawannya, sebaiknya kalian mencari encounter dulu dan  bunuh dulu kedua rekanmu. Untuk melawannya, tabrak ia dengan Highwind (terbang rendah), buggy, atau chocobo. Tunggu sampai ia menancapkan kedua tangannya di tanah, baru hidupkan kedua rekanmu tadi.

Ruby Weapon memiliki pertahanan fisik yang sangat tinggi, serta bisa menyebabkan berbagai status pada karaktermu. Jadi lengkapi diri dengan ribbon atau rangkai materia add effect dengan materia Hades di slot pelindungmu. Cara terbaik untuk menyerangnya hanya dengan summon KOTR, namun dengan cara ini ia selalu mengcounter dengan magic Ultima, jadi berhati-hatilah. Jika bisa mengalahkannya, kalian akan mendapat Desert Rose. Berikan pada Kalm Traveller, kalian akan diberi seekor Gold Chocobo. Berikut adalah cara mengalahkan Ruby Weapon :
 -Untuk equipment, sama dengan saat mengaalahkan Emerald Weapon. Hanya saja lengkapi juga karakter kalian dengan ribbon, karena ia bisa menimbulkan berbagai status pada karaktermu.
 -Untuk materia juga tak jauh berbeda(minnus materia underwater), namun kalian tak perlu mengequip materia counter attack, sebab serangan fisik hanya menimbulkan damage kecil. Lengkapi karakter kedua dengan master summon yang didapat dengan menukarkan Earth Harp pada Kalm Traveller.
 -Teruslah menyerangnya dengan KOTR, hatii-hati karena ia akan mengcounter dengan magic Ultima. Karakter ketiga bertugas menjaga HP dan MP karakter lain. Fokuskan serangan hanya pada Ruby Weapon, jangan serang cakarnya. Perlu berkali-kali serangan dengan KOTR untuk mengalahkannya.

Main Quest
Kembali ke Northern Crater lalu terus turun ke bawah sampai kamu melihat teman-temanmu. Bagi kelompokmu menjadi dua. Biarkan dua karakter ke kanan dan Cloud bersama 5 karakter lain ke kiri (termasuk dua karakter yang sudah dimasukkan dalam kelompok tetapmu). Di layar berikutnya, kirim dua karakter lainnya ke bawah dan Cloud mengambil bagian atas. Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menaikkan level materiamu. Manfaatkan W-Item untuk menduplikasi Megalixir dan Elixir sebanyak mungkin. Magic Pot (setelah diberikan Elixir) dan Mover memberikan AP yang luar biasa jika kamu mengalahkannya. Manfaatkan Apocalypse dan equipment lain yang memberikan growth double/triple. Letakkan save point di sini sementara Cloud meningkatkan level materia. Save game sebelum melakukan apa pun kegiatanmu.

Di layar yang terdapat cahaya terang, W-Magic materia tersembunyi di sini. Periksa dengan seksama sebelum meneruskan. Semua anggota party akan menunggu disini. Bicara dengan semuanya untuk mendapatkan item yang mereka temukan. Kalau sudah merasa cukup kuat (dan cukup mental), teruskan ke bawah untuk event dan bentuk kelompok sebelum meneruskan ke bawah. Teruslah meloncat ke bawah sambil menghabisi musuh yang menghalangi jalanmu. Sebelum mencapai dasar, sembuhkan diri kemudian loncat ke batu terakhir.

Boss : JENOVA SYNTHESIS (Hp : 6000) 
Boss ini harus dikalahkan sebelum countdownnya selesai. Setelah mencapai 1, dia akan menggunakan Ultima. Walaupun kemungkinan besar party akan bisa bertahan dari serangan ini, tapi kamu tidak akan mendapatkan exp atau AP. Kamu bisa menggunakan magic, tapi serangan fisik juga efektif (digabung dengan Slash All, 4x Cut pada ketiga karakter yang memiliki ultimate weapon).
 
Akan ada event lagi kemudian kamu diminta untuk membagi kelompokmu menjadi dua atau tiga kelompok. Jika kamu membagi menjadi 3, salah satu kelompok hanya terdiri dari 2 orang. Pastikan karakter yang tidak bisa menyerang jarak jauh memiliki Long Range Materia. Pastikan juga kelompok Cloud memiliki Ribbon sebagai aksesories.

Boss : BIZARRO SEPHIROTH (Hp : ~ 40000) 
Gunakan Big Guard untuk pertahanan dan serang dengan magic atau Summon kuat. Kamu bisa berganti-ganti party jika salah satu bagian musuh tewas. Ingat, jika salah satu party tewas maka GAME OVER. Gunakan Knight of Round untuk pertempuran yang lebih singkat.

Boss : SAFER SEPHIROTH (Hp : tergantung level Cloud) 
Kamu hanya menggunakan kelompok Cloud. Level dan HP Safer Sephiroth tergantung pada level Cloud saat menghadapinya. Jika Cloud level 99, maka Safer Sephiroth juga akan mencapai level yang sama. Semua serangannya kuat dan dia langsung menggunakan Wall sebagai pertahanan awal. Gunakan De-Barrier dan serang dengan semua serangan kuat. Jika dia mulai terbang lebih tinggi, itu pertanda dia akan memanggil 'Supernova'. Segera gunakan Big Guard+Regen dan bantai dia secepat mungkin. Kalau beruntung, dia akan mati sebelum memanggil Supernova. Jika kamu gagal dan Supernova keburu muncul, segera sembuhkan status dan HP dengan Megalixir.

Boss : SEPHIROTH (Hp : ????) [Yang jelas dibawah 8000] 
Langsung gunakan Limit Apa saja yang ada saat Limit Bar Cloud penuh dan sephiroth akan langsung kalah.

Dan selamat kalian telah menamatkan game Final Fantasy 7 ini :)

Share this :

Previous
Next Post »