Cara Membuat Letak Nomor Halaman Berbeda dalam Satu Dokumen Microsoft Word

doflatenaft.blogspot.com
Selamat datang kembali di blog Doflatenaft ini :D kali ini saya akan membawakan sebuah tips dan trik mengenai fitur di aplikasi microsoft word buatan om Bill Gates. Ketika kita mengetikan sebuah dokumen seperti skripsi dan makalah akan sangat repot apabila kita membuatnya dalam beberapa file, apalagi jika per bab sedangkan jumlah bab nya itu ada 8 bab waah... terus file bab 4-8 nya corrupt tidak bisa dibuka dan lupa tempat menyimpan copyannya. Berdasarkan pengalaman teman saya itu telah terjadi dan hanya ada dua pilihan, mencari copyannya yang berserakan entah dimana atau membuatnya kembali. Maka dari itulah saya membagikan sedikit ilmu yang saya punya dan apabila tidak di sharing ilmu ini bakalan hilang. Kembali ke topik, jika kita membuat sebuah makalah dan skripsi tentu ada bagian Cover, Daftar Isi dan Bab yang memiliki ketentuan letak halaman dan jenis penomorannya berbeda. Seperti Cover tidak ada nomor halamannya, Daftar isi dimulai dengan huruf i,ii,iii dan seterusnya dan awal BAB itu harus berada di bawah tengah sedangkan setelahnya itu berada di pojok kanan atas dan kembali ke awal BAB selanjutnya yang harus kembali di bawah tengah. Kalau kita membuatnya satu-satu akan sangat tidak efektif apalagi kalau pengajuan belum di accept oleh dosen atau guru, masih mending kalau dosen mau baca dari file dan berserakan lah kalau tidak mau ? mampus dah :P 

Untuk Cara Membuat Letak Nomor Halaman Berbeda dalam Satu Dokumen Microsoft Word ini dapat work di microsoft word 2003, 2007, 2013, 2017, dll. dan berikut adalah cara-caraya :
1. Ketiklah semua tugas mu sampai selesai, kemudian pergilah ke akhir baris dalam sebuah halaman. Saya contohkan untuk bab 1, penomoran berada di bawah tengah dan halaman kedua penomoran berada di pojok kanan atas. Letakan kursor di akhir baris dalam halaman kemudian pilih Page Layout > Breaks > Next Page. Jika ada baris atau halaman yang tiba-tiba muncul, silahkan hapus saja dengan menekan tombol backspace/del tapi hati-hati jangan sampai tulisan yang di halaman 2 masuk ke halaman 1 nanti breaksnya tidak berfungsi lagi (cara memperbaikinya tekan kembali Breaks > Next Page dalam kursor keadaan di akhir baris halaman 1).
*Breaks ini berfungsi untuk menghapus settingan yang berada di halaman sebelumnya.
Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar
2. Setelah breaks tercipta, silahkan masuk ke area footer dengan double klik kiri di footer halaman BAB 1, kemudian lihat ke atas Design > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2. (Disini saya mencontohkan BAB awal di bawah tengah dan selanjutnya di kanan atas. 
Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar
3. Setelah nomor muncul silahkan klik ke header halaman selanjutnya dan tekan Link to Previous untuk penonaktifan fungsi ini, jika ini tidak di klik maka page number sebelumnya ngikut terus. Dan jika tidak menekan breaks di awal, fungsi ini tidak akan bisa di klik. Lakukan hal yang sama di bagian footer halaman kedua ini juga. Setelah Link to Previous mati silahkan hapus angka yang berada di footer halaman kedua ini.
Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar
 Contoh Link to Previous yang telah nonaktif/mati
Klik gambar untuk memperbesar
4. Sehabis nomor dihapus silahkan double klik kiri di header > Design > Page Number > Top of Page > Plain Number 3 dan taraa lihat hasilnya..
Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar

Klik gambar untuk memperbesar
5. Jika penomorannya ada yang acak silahkan double klik kiri di header/footernya > Page Number > Format Page Number... > Bagian Start at : dan Number Format silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.
Klik gambar untuk memperbesar
Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Cara Membuat Letak Nomor Halaman Berbeda dalam Satu Dokumen Microsoft Word semoga bermanfaat untuk kita semua dan khususnya untuk para pembaca setia blog Doflatenaft ini :D





Share this :

Previous
Next Post »