Roberto Nevilis : Sang Pencipta Ide PR (Pekerjaan Rumah)

Roberto Nevilis
Selamat datang kembali di blog Doflatenaft ini :D kali ini saya membawakan sebuah pengetahuan yang terkadang jarang juga yang menanyakannya. Pernahkah terpikir dibenak kalian siapa yang pertama kali menciptakan/membuat ide tentang PR ? Kalau udah tau bakal bisa nyalahin nih kayaknya hehehe. PR atau pekerjaan rumah merupakan tugas yang diberikan oleh guru dan harus dikerjakan oleh murid-muridnya. Pekerjaan Rumah merupakan salah satu pemikiran dari guru di Italia yang bernama Roberto Nevilis pada tahun 1905.

Pada masa itu, PR sebenarnya di ciptakan pada waktu yang bersamaan dengan sistem pembelajaran di sekolah formal yang ada di sana dimana sekolah formal merupakan sekolah yang hanya tersedia hanya untuk penduduk tertentu saja sehingga Roberto berkeinginan membantu para siswanya untuk dapat lebih mengerti makna sepenuhnya dari pelajaran yang telah mereka dapatkan dan mereka pelajari.
Setelah itu, di karenakan PR di buat pada waktu yang bersamaan dengan sistem pembelajaran sekolah formal, akhirnya PR juga di jadikan bagian dari sistem pendidikan di Eropa.

Hingga saat ini sistem PR ini masih digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia. Yang tadinya sebagai hukuman kini menjadi sebuah asupan setiap hari bagi para pelajar di dunia dan khususnya di indonesia ini. Manfaat yang dapat diterima dari pengerjaan PR ini adalah sebuah kemandirian yang tercipta dari diri seseorang. Kerjakanlah PR dengan ikhlas karena jika terpaksa manfaat yang akan diterima juga akan sedikit atau bahkan tak bermanfaat sama sekali.

Pada jaman sekarang juga sangat dikenal sekali dengan istilah home schooling atau yang artinya belajar di rumah dengan guru private yang sudah dibayar. Ini juga merupakan salah satu pengembangan dari ide PR yang diciptakan oleh Roberto Nevilis.

Bonus !! : Meme tentang Roberto Nevilis sang Pencetus Ide PR
Demikian postingan saya mengenai Roberto Nevilis : Sang Pencipta Ide PR (Pekerjaan Rumah) semoga bermanfaat untuk kita semua dan khususnya untuk para pembaca setia blog Doflatenaft ini :D

Share this :

Previous
Next Post »