10 Fakta Mengenai Introvert yang Tak Terduga dan Bikin Kamu Tercengang !

Selamat datang kembali kepada para pembaca setia blog Yastri Film, kali ini kami akan membahas mengenai seputar fakta-fakta mengenai para introvert. Dalam dunia ini terdapat 3 jenis manusia, yaitu Introvert, Ekstrovert dan Ambivert. Kali ini kita akan bahas mengenai introvert.

Apa itu Introvert ?
Dari tadi saya ngomong introvert introvert, apa sih introvert itu ?, naon ai intropret teh ?. Introvert adalah seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. Introvert berbeda dengan phobia sosial alias phobsos. Mereka yang mengidap kelainan phobia sosial takut akan keramaian dan mereka tak bisa berbaur dengan keadaan ramai. Berbeda hal dengan introvert, mereka cendurung merasa sedikit tak nyaman jika bersama banyak orang, apalagi orang yang tidak atau belum mereka kenal, akan tetapi mereka para introvert dapat beradaptasi dan menyesuaikan dengan seiring berjalannya waktu.

Introvert menyukai keadaan yang tenang, sepi, suka menyendiri, dan melakukan aktivitas yang bisa dilakukan sendiri, oleh karena itu banyak penemu-penemu di luar sana berkepribadian introvert, karena mereka asik dengan apa yang mereka kerjakan. Salah satu penemu terkenal dan penemuannya digunakan sampai sekarang dan sangat berperan penting adalah Albert Einstein, si manusia dengan IQ yang sangat tinggi.

Melakukan aktivitas sendiri bukan berarti para introvert ini adalah seorang pemalu, pemalu bukanlah bagian dari introvert. Introvert masib bisa dengan mudah bersosialisasi dengan berbagai orang jika memang dirinya ingin melakukan hal tersebut. Berbeda dengan pemalu, mereka akan sulit untuk bersosialisasi dan merasa ragu untuk berinteraksi sosial dengan orang lain, hal ini disebabkan karena mereka merasa takut jika penilaian mereka buruk terhadap dirinya atau takut dirinya terluka atau melukai.


10 Fakta Mengenai Introvert

1. Sedikit Berekspresi dan Cenderung Membosankan
Kesehariannya yang monoton membuat orang lain berpendapat bahwa dirinya membosankan, tapi bagi mereka para introvert melakukan kegiatan sehari-hari secara terus-menerus akan terasa biasa saja, karena mereka pikir jika mereka tidak melakukan apa yang menjadi kewajibannya sehari-hari dan menunda-nunda pekerjaan tersebut hanya akan membawa efek buruk. Selain monoton, para introvert cenderung sedikit berekspresi daripada yang lainnya. Namun ketika mereka menemukan sesuatu yang menarik perhatian mereka, mereka biasanya dapat menunjukan rasa ketertarikan mereka terhadap suatu hal tersebut. Para introvert berekspresi ketika mereka ingin saja.

2. Tidak Banyak Bicara dan Basa-Basi Membuat Mereka Terlihat Cool, Keren dan Calm
Tak banyak bicara dan langsung kepada inti pembicaraan serta tak suka bertele-tele itulah yang menjadi ciri khas dari para introvert. Mereka hanya berbicara ketika dirasa mereka perlu berbicara. Hal ini menjadikan mereka memiliki sifat pendiam akan tetapi bukan seorang pemalu. Ketika seorang pemalu yang seharusnya berbicara namun dia hanya diam saja, berbeda dengan introvert, mereka diam artinya memperhatikan keadaan sekitar dan ketika mereka harus berbicara maka mereka tak segan untuk berbicara meski di depan umum sekalipun. Namun terkadang ketika mengobrol dengan orang yang sudah dikenalnya, para introvert akan lebih banyak berbicara dan merasa nyaman mengobrol dengannya ketimbang bersama dengan orang yang belum dikenalnya. Sifat pendiam para introvert ini menjadikannya sosok yang misterius.

3. Lebih Nyaman Mengobrol Lewat Chat Daripada Mengobrol Langsung atau Bertelpon
Memilih mengobrol lewat chat ketimbang melalui telpon ataupun mengobrol secara langsung merupakan salah satu ciri dari seorang introvert. Mereka berpikir karena dari chat mereka tak perlu terburu-buru untuk membalasnya dan juga perangkaian kata yang pas, sehingga tak menimbulkan permasalahan dengan orang tersebut. Terkadang jika lewat telpon ataupun mengobrol secara langsung biasanya salah pengucapan atau pemilihan kata dalam mengungkapkannya baik itu introvert, ekstrovert ataupun ambivert. Introvert memilih untuk berbicara lewat chat karena mereka dapat menghapus kembali kata atau kalimat yang dirasa tidak layak untuk diucapkan sebelum dikirim ke lawan bicaranya.

4. Meskipun Terlihat Sangat Cuek dan Dingin, Akan Tetapi Introvert Memiliki Sifat yang Hangat Untuk Orang-Orang Terdekatnya
Akan terasa sangat sulit untuk mendekati mereka para introvert, karena ketika seseorang akan mendekatinya mereka akan merasakan hawa yang berbeda jika bersama dengan introvert. Terkadang suasana yang canggung, tegang dan sepi membuat lawan bicaranya kewalahan apa yang harus dikatakan kepada introvert ini. Namun dibalik dinginnya para introvert, memiliki kehangatan dalam dirinya. Biasanya mereka bersikap dingin kepada mereka yang tak memiliki tujuan yang jelas dan terbukti nyata kenapa mereka mendekati dirinya. Dirasa ini hanya akan membuang-buang waktu, maka mereka lebih memilih mencuekannya daripada harus meladeninya jika kalau mereka tidak mendapatkan manfaat darinya.

5. Mempunyai Berbagai Hal yang Ingin Diungkapkan, Namun Merasa Tak Nyaman Jika Harus Dirinya yang Memulai
Introvert selalu memiliki banyak hal dalam fikirannya, baik itu hal kecil ataupun besar. Namun ketika mereka harus mengungkapkan hal tersebut mereka sering kali merasa kesulitan untuk memulai percakapannya, karena mereka tak pandai berbasa-basi mereka lebih cenderung membisikan ide nya kepada orang yang bisa menyampaikannya kepada banyak orang, selain itu introvert kurang suka jika dirinya menjadi pusat perhatian orang banyak.

6. Lebih Suka Belajar Hal Baru Secara Otodidak
Para introvert akan lebih senang dan akan dengan mudah belajar secara otodidak, ketika mereka menemukan suatu masalah atau kesalahan, mereka akan dapat memecahkannya sendiri, oleh karena itu seorang introvert adalah seseorang yang memiliki tingkat analisis yang tinggi dan pemikir yang handal. 

7. Susah Untuk Melupakan Kejadian yang Membuat Dirinya Tersakiti, Meskipun Sejatinya Mereka Telah Memaafkannya
Hindari perbuatan yang dapat menyakiti para introvert, karena meskipun mereka telah memaafkannya hal itu akan selalu teringat dalam dirinya. Masih mending jika mereka benar-benar pemaaf lhoo, kebanyakan sifat negatif dari para introvert itu pendendam dan mereka biasanya membalaskannya dengan rasa sakit yang sama dengan apa yang dialaminya.

8. Selalu Berpikir Logis dan Realistis
Berbicaralah dengan para introvert dengan disajikannya fakta-fakta yang masuk di akal, karena jika sedikit melenceng dari keadaan mereka biasanya tidak akan mudah mempercayai apa yang diungkapkan tersebut. Mereka juga akan memberikan ide-ide yang brillian yang dapat dipahami secara logis dan masuk akal.

9. Akan Lebih Banyak Mendapatkan Ide dan Inspirasi Ketika Mereka Sedang Menyendiri
Introvert memanglah seorang pemikir yang handal, namun ketika mereka diperhatikan oleh orang lain, introvert akan kesusahan untuk berfikir dan bekerja karena introvert tidak suka menjadi pusat perhatian. Ketika mereka menyendiri, mereka akan mendapatkan berbagai ide-ide yang menarik dan tak terduga. Hal ini disebabkan ketenangan yang berada dalam dirinya, sehingga membuat diri tubuhnya rileks dan siap untuk berimajinasi.

10. Memiliki Teman yang Jumlahnya Dapat Dihitung dengan Hitungan Jari
Introvert lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas dalam hal pertemanan. Mereka tak perlu memiliki banyak teman jika teman tersebut hanyalah teman bohongan, datang ketika senang dan pergi ketika kesusahan. Mereka sangat menghargai mereka yang selalu ada ketika mereka membutuhkannya baik ketika senang ataupun kesusahan.

Demikianlah postingan kami mengenai 10 Fakta Mengenai Introvert, semoga bermanfaat untuk kita semua dan apakah kalian termasuk golongan introvert ini ? Sampai jumpa di postingan Selanjutnya :D

Share this :

Previous
Next Post »